Jadwal Training Public Relation Management
- 18-20 Juli 2017 di Yogyakarta
- 8-10 Agustus 2017 di Semarang
- 26-28 September 2017 di Bandung
- 17-19 Oktober 2017 di Jakarta
- 21-23 November 2017 di Surabaya
- 19-21 Desember 2017 di Bali
PENDAHULUAN
Sebagai salah satu akibat dari kemajuan tehnologi yang mampu merubah tatanan kehidupan manusia, Public Relations atau PR sudah merupakan fenomena dan sekaligus kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Dalam dunia usaha maupun organisasi lainnya, Public Relations (hubungan masyarakat) kini telah menjadi bahan yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan.
Kegiatan PR yang meliputi berbagai fungsi, konsep dan tehnik-tehnik pelaksanaannya telah berkembang menjadi ‘suatu lembaga’ yang dianggap harus ada untuk mendampingi organisasi, apapun bentuk organisasi tersebut.
Sekarang ini, kehidupan sudah menjadi sedemikian kompleksnya, sehingga apa yang dikatakan atau apa yang dikehendaki, agar bisa terpenuhi, manusia maupun organisasi mutlak mendapatkan pengertian atau bahkan kalau mungkin dukungan dari pihak lain, terhadap apa yang dinyatakan. Pengertian, – apalagi dukungan -, dari berbagai pihak yang latar belakangnya bervariasi, makin lama makin sulit untuk didapatkan. Apa yang sering dilakukan adalah menberitahukan kepada khalayak umum tentang ‘siapa dan bagaimana diri kita’. Kegiatan semacam ini, lazimnya disebut PUBLISITAS, yang merupakan salah satu tahap dari keseluruhan kerja PR.
Dalam perkembangannya, PR tidak lagi hanya berfungsi memberitahukan kepada pihak lain tentang siapa dan bagaimana diri kita, tetapi juga memberitahukan kepada ‘kita’ tentang apa dan bagaimana pendapat atau pikiran lain terhadap ‘diri kita’.
Dengan demikian kita menjadi mampu merencanakan tindak lanjut dalam usaha kita mencapai tujuan organisasi yang meliputi apa yang harus dilakukan, bagaimana caranya dan dengan sarana apa sebagai pendukung. Seluruh kegiatan tersebut merupakan mata rantai kerja PR. Jadi, diperlukan usaha peningkatan ketrampilan untuk merancang dan mempengaruhi publik, yang dapat dilakukan dengan mengikuti suatu seminar intensif.
TUJUAN
Agar memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, untuk mendapatkan pengertian dan dukungan, disertai dengan kemampuan untuk mengevaluasi perilaku masyarakat, mengidentifikasikan kebijaksanaan dan prosedur organisasi sesuai dengan kepemtingan masyarakat.
GARIS BESAR PROGRAM
Hari Pertama
Sessi 1 : Peranan Public Relations dalam operasi perusahaan
Fungsi dan peranan PR, Manfaat Public Relations, Kedudukan PR dalam organisasi
Sessi 2 : Psikologi Public relations
Dua faktor karakteristik masyarakat sasaran, Psikolosi pesan dan strukturnya, Sistem komunikasi antar individu (interpersonal communications)
Sessi 3 : Manajemen dan kode etik Public Relations
Menyadari sasaran umum PR, Tahap-tahap yang dibutuhkan, Kode etik IPRA, Kode etik Perilaku berdasarkan sidang IPRA
Sessi 4 : Perencanaan Kerja PR
Proses kegiatan PR, Langlah-langkah kegiatan, Hambatan – hambatan
Hari Kedua
Sessi 5 : Management Crisis
Apa itu krisis, Kategori krisis dan bentuknya, Manajemen Krisis dan Citra, Perusahaan / Lembaga / Institusi, Penanggulangan Krisis, Pra, Masa dan setelah Krisis
Sessi 6 : Corporate Image Identity
Membentuk opini publik, Hal membentuk citra perusahaan/lembaga/institusi, Sifat dari opini publik
Sessi 7 : Protokoler
Pengertian Protokoler dan hubungan dengan kegiatan PR, Pemahaman tentang tatatertib dan etiket ke-protokoler-an, Ruang lingkup tugas kegiatan protokol, Tata krama Pergaulan Bisnis, dasar pelaksanaan protokol, Persiapan-persiapan fisik
Sessi 8 : Public Speaking and Master of Ceremony
Thema acara: keperluan petugas Master of Ceremony, Master of Ceremony dalam upacara, Acara Resmi, Semi Resmi, Acara Hiburan, Bahasa Protokoler-Resmi dan Bahasa Komunikatif Table Manner
Hari Ketiga
Sessi 9 : Media Relations, Press Release dan Pidato
Pengertian dan kegiatan, Menulis Press Release, Jenis-jenis pidato, Pidato, format dasar-general model dan model rinci
Sessi 10 : Press Conference – tindak lanjut Media Relations
Mengapa Press Conference, Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan, Aktifitas yang terjadi
Sessi 11 : PR dan Marketing Service
Prinsip-prinsip dasar, Faktor-faktor utama, Pengembangan strategi komunikasi pemasaran, Model-model strategi komunikasi pemasaran
Sessi 12 : Perilaku Konsumen (Customer Behavior)
Menentukan target audience, Karakteristik konsumen, Beberapa elemen dasar dari proses conditioning
PESERTA
Staf Hubungan Masyarakat-Humas, Sekretaris, Administrative Assistant, atau siapapun yang ingin meningkatkan kinerja di bidang ke-Humas-an lebih baik lagi.
METODE
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, simulasi dan praktek.
PENYELENGGARAAN
- 18-20 Juli 2017 di Yogyakarta
- 8-10 Agustus 2017 di Semarang
- 26-28 September 2017 di Bandung
- 17-19 Oktober 2017 di Jakarta
- 21-23 November 2017 di Surabaya
- 19-21 Desember 2017 di Bali
INSTRUKTUR
- IRRA CHRISYANTI DEWI, S.Pd., M.S.M.
INVESTASI
- Rp5.500.000,- / peserta (di Surabaya dan Bandung)
- Rp6.600.000,- / peserta (di Yogyakarta, Semarang, Solo, Malang, Jakarta, Balikpapan dan Bali)
- Rp7.700.000,- / peserta (di Lombok, Medan, Batam, Padang, Makassar, dan Manado)
DAPATKAN DISKON HARGA
- DISKON 250rb jika didaftarkan 2 peserta
- DISKON 500rb jika didaftarkan 3 peserta keatas
FASILITAS
- Termasuk: Training di hotel berbintang, Modul (hardcopy materi), Flashdisk(softcopy materi), ATK Peserta, Tas(Backpack) atau Bolpoint PARKER, Sertifikat, Makan Siang(3x), Coffee Break, Instruktur yang berkualitas, Pre Test dan Post Test
- Harga belum termasuk penginapan peserta dan pajak (PPN 10%)
*note : agar confirm running minimal 3 peserta di surabaya & bandung dan diluar dua kota tersebut minimal 5 peserta
[maxbutton id=”1″ url=”https://drive.google.com/open?id=0B9qC0c9kFKHDS0ZDblpWQjFCODg” text=”Download Silabus” ]