Training Contract Management For Maintenance

PENDAHULUAN Training Contract Management For Maintenance
Keandalan dan ketersediaan dari suatu infrastruktur dalam produksi sangat dipengaruhi oleh seberapa baik organisasi/perusahaan melakukan perawatan (maintenance). Untuk dapat melakukan maintenance dengan baik, maka organisasi memerlukan sumberdaya manusia yang kompetent baik yang terlibat di lapangan sebagai eksekutor dan juga sumber daya manusia yang mempersiapkan maintenance melalui Pengadaan dan Penysunan kontrak maintenance yang baik.
Proses dalam Mengelola Kontrak untuk Perbaikan (Contract Management for Maintenance) bermula dari identifikasi kebutuhan untuk maintenance yang kemudian dituangkan dalam suatu ruang lingkup pekerjaan (scope of work), spesifikasi (specification) barang/peralatan, kerangka acuan kerja (terms of reference). Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan rancangan kontrak (contract drafting). Setelah itu kemudian dilakukan pemilihan contractor/supplier/vendor yang qualified yang diakhiri dengan penandatanganan kontrak. Fase yang lebih krusial dimulai, dimana membutuhkan kompetensi dalam pengelolaan kontrak yang terkait dengan ruang lingkup, jadwal dan biaya sampai dengan serah terima hasil pekerjaan maintenance.

TUJUAN Training Contract Management For Maintenance
Training ini didesain untuk mengekplorasi beberapa best practices langkah demi langkah dalam melakukan pengelolaan kontrak untuk perawatan (contract management for maintenance) mulai dari identifikasi kebutuhan, membuat kontrak maintenance, mengawasi dan mengendalikan kontrak, sampai dengan penutupan kontrak
Program ini didesain untuk mengekspose peserta tentang best practice dalam mengelola kontrak perawatan yang diharapkan pada akhir sesi peserta mampu :
• Menyiapkan dan memproses informasi untuk analisa biaya maintenance kontrak
• Menentukan ruang lingkup maintenance kontrak berdasarkan analisis waktu dan biaya
• Mengevaluasi usulan maintenance kontrak, kebutuhan dan tantangan bisnis organisasi untuk menyetujui maintenance kontrak
• Memahami ruang lingkup maintenance kontrak
• Memantau pelaksanaan maintenance kontrak komponen/peralatan
• Mengevaluasi pelaksanaan maintenance kontrak

PESERTA Training Contract Management For Maintenance
Program ini didesain untuk peserta yang berminat dengan Contract Management for Maintenance sebagai berikut:
• Maintenance Managers, Site Supervisor, Turnaround Manager, Shutdown Coordinators, Operations Supervisor, TA Project teams dan semua pihak yang terlibat dalam perawatan infrastruktur produksi.
• Procurement Managers, Contracts Managers/Officers, Procurement Administration/Officers yang terlibat dalam penyusunan kontrak untuk perawatan.

GARIS BESAR PROGRAM Training Contract Management For Maintenance
Pendahuluan
1. Konsep Maintenance Management
2. Memahami Ongoing Maintenance Vs Turnaround/Shutdown Management
3. Kronologi Contract dalam Maintenance
4. Overview Isi Training
Identifikasi Kebutuhan Maintenance
• Kebutuhan Operasional (continuously requirement)
• Kebutuhan Maintenance Tahunan
o Planned Shutdown Maintenance
o Unpredicted Maintenance
Menyusun Ruang Lingkup Pekerjaan (Scope of Work), Spesifikasi (Specification) dan Kerangka Acuan Kerja (Terms of Reference) dalam maintenance
• Menyusun Ruang Lingkup Perkerjaan Maintenance (SOW)
• Membuat Spesifikasi Barang/Peralatan yang dibutuhkan untuk Maintenance
• Menysun Kerangka Acuan Kerja (Terms of Reference) untuk Maintenance
Menyusun Rencana Analisa Biaya (Owner Estimate) untuk Maintenance
• Konsep Rencana Analisa Biaya (Owner Estimate) dalam Maintenance
• Metodologi Penyusunan Owner Estimate
• Praktek Penyusunan RAB untuk Maintenance
Menyusun Rancangan Kontrak untuk Maintenance
• Pemilihan Jenis Kontrak untuk Maintenance
• Struktur Kontrak Maintenance
• Membuat Rancangan Kontrak untuk Maintenance
 Tahap Pembuatan Dokumen Kontrak
 Rumusan Klausul Kontrak
 Ketentuan Penyusunan Kontrak
 Peran Dan Tanggung Jawab
 Prosedur Penyusunan Kontrak
 Format Dokumentasi Rancangan Kontrak
 Prosedur Dokumentasi Rancangan Kontrak
Melakukan Pemilihan Penyedia dan Finalisasi Kontrak
• Melakukan Pre-Qualifikasi Contractor/Vendor/Supplier
• Memilih Metode Tender dan Melakukan Pemilihan Contractor/Vendor/Supplier
• Melakukan Negosiasi
• Melakukan Finalisasi Kontrak Maintenance
Menyusun Rencana Pengelolaan Kontrak Maintenance
• Rencana Pengelolaan Ruang Lingkup
• Rencana Pengelolaan Jadwal/Skedul
• Rencana Pengelolaan Biaya
• Rencana Pengelolaan Risiko
Mengawasi dan Mengendalikan Pelaksanaan Kontrak Maintenance
• Pengawasan Berkala
• Pengawasan dan Pengendalian Terintegrasi R.Lingkup,Jadwal dan Biaya
• Melakukan Penerimaan Kontrak Maintenance
• Melakukan Evaluasi Kinerja Kontrak Maintenance

PENYELENGGARAAN Training Contract Management For Maintenance
• 28-30 Agustus 2018
• Hotel Swiss Belinn/Hotel Santika/Hotel Ibis/Hotel Luminor di Surabaya

TRAINER Training Contract Management For Maintenance
• Bapak Samidi Syabudin, ST, MBA, PMP

INVESTASI Training Contract Management For Maintenance
• Rp6.600.000,-/peserta
PAHE (Paket Hemat) 5 Peserta Yang Didaftarkan
Rp33.000.000,- Hanya Bayar Rp30.250.000,- (Hemat Rp2.750.000,-)

FASILITAS Training Contract Management For Maintenance
• Termasuk: Training di hotel berbintang 3 atau sederajat, Modul Training (hardcopy dan softcopy materi), Training Kits dan ATK Peserta, Sertifikat, Makan Siang(3x), Coffee Break, Trainer yang berkualitas, Pre Test & Post Test dan pajak (PPN 10%)
• Harga belum termasuk penginapan peserta dan transportasi peserta

Training Contract Management For Maintenance