PENDAHULUAN
Training in khusus di desain untuk meningkatkan kompetensi dari procurement professional dengan memberikan pemahaman terhadap aspek administrasi bisnis, keahlian dan pehamanan terhadap praktek-praktek pembelian yang akan meningkatkan posisi kompetitif dari organisasi.
Dalam training ini, peserta akan mempelajari bagaimana menggunakan teknik-teknik pengelolaan dan kempemimpinan (management & leadership) yang selaras dengan kebijakan pengadan, praktek dan prosedur dalam organisasi, memilih Key Peformance Indikator (KPI) yang sesuai, mengidentifikasi resiko, memecahkan persoalan, mendelegasikan dan mengkomunikasikan pekerjaan secara efektif, mengembangkan kemampuan personal dan tim, mengedalikan dan mengelola lingkungan pekerjaan, Training ini sangat esensial untuk peningkatan kempampuan dari supervisor dan manager yang bekerja pada lingkungan pengadaan dan rantai suplai.
Pada training ini peserta berkesempatan untuk mempelajari :
- Kontribusi terhadap perusahaan dari pengadaan yang baik dan efektif serta operasi yang efisien
- Menganalisa risiko-risiko pengadaan dan permasalahan pengadaan untuk membuat keputusan yang efektif
- Proses pengadaan dan membuat kebijakan serta melakukan peningkatan
- Aspek-aspek pengelolaan keuangan dalam procurement
- Metode-metode untuk mencapai target kinerja dalam pengadaan
- Meningkatkan kinerja pengadaan dan personil tim pengadaan
TUJUAN
Setelah selesai mengikuti training ini, diharapkan peserta akan mampu untuk :
- Memahami pentingnya tugas dan tanggung jawab pada department pengadaan yang didesain dan dikelola dengan baik.
- Menerapkan metode pengidentifikasian risiko dan menganalisa risiko serta pemecahan masalah yang terjadi dalam lingkungan pengadaan (procurement)
- Mengaplikasikan teknik –teknik interpersonal, untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak (stakeholders) dan juga management
- Menerapkan teknik-teknik pengembangan, pelatihan dan umpan balik terhadap tim untuk meningkatkan kinerja fungsi pengadaan yang optimal
- Meningkatkan kemampuan organisasi untuk mencapai tujuan dan operasional yang strategis
METODE
Training ini menggunakan berbagai macam interaktif metode yang telah terbukti sebagai teknik pembelajaran untuk menjamin pemahaman, komprehensif dan daya ingat dari seluruh informasi yang disajikan. Metode ini memfasilitasi latihan kelompok dan pribadi, studi kasus, peran aktif dan video. Instruktur juga akan memfasilitiasi metode pembelajaran yang memungkinkan peserta untuk memahami dan mengkritisi teori-teori dan konsep-konsep dalam pelatihan.
PESERTA
Training ini didesain dengan kesesuain jangkauan professionalisme yang luas tetapi akan bermanfaat dengan sangat baik kepada beberapa peserta sebagai berikut:
- Supervisor procurement, Supervisor Rantai Pasok dan Supervisor Purchasing baik yang pemula ataupun berpengalaman.
- Team Leader & Line Manager yang berhubungan dengan aspek pengadaan dan pembelian dalam organisasi
- Project & Operations Manager yang berhubungan dengan pengadaan barang/jasa dalam organisasi
- Supply Chain and procurement professionals
GARIS BESAR PRORAM
Session 1
- Definitions of strategy and strategic thinking
- The difference between a good strategy and a bad one
- Understanding the concept of the “business model”
- Vision, values, mission and goals – case examples, class discussion and guidelines
- Analysis and extrapolation of the business environment
Session 2
- Evaluating internal competencies and capabilities
- Situational analysis: How to use a SWOT matrix
- Strategy formulation, measurement and alignment including a strategy map and the Balance Scorecard
- The content of a strategy: how to communicate strategic alignment
Session 3
- What is the difference between leadership and management?
- Purchasing and supply chain strategy
- The evolution of purchasing
- The supply network perspective
- Supply network design decisions
Session 4
- Network configuration (vertical/horizontal integration)
- Supply-side influences/Demand-side influences
- Location techniques and capacity management
Session 5
- Supply chain management objectives
- Purchasing and supply management
- Sourcing and supplier management
- Physical distribution management
- Materials and information management
Session 6
- Supply chain relationships, behaviour and dynamics
- Supply chain improvement
- Managing supply chain risk
Session 7
- The financial evaluation of procurement decisions
- Forecasting future cash-flows to make strategic decisions
- Capital Investment Appraisal to stimulate strategic growth
Session 8
- Evaluating the source of finance
- Calculating the cost of capital
- Risk Analysis – identifying and managing risk
PENYELENGGARAAN
- 23-25 Agustus 2017
- Hotel Melia Purosani/Hotel Neo Malioboro/Hotel Dafam Fortuna di Yogyakarta
INSTRUKTUR
- SAMIDI, ST, MBA, PMP, MCCM
INVESTASI
FASILITAS
- Termasuk: Training di hotel berbintang, Modul (hardcopy materi), Flashdisk(softcopy materi), ATK Peserta, Tas(Backpack) atau Bolpoint PARKER, Sertifikat, Makan Siang(3x), Coffee Break, Instruktur yang berkualitas, Pre Test dan Post Test
- Harga belum termasuk pajak (PPN 10%) dan Penginapan Peserta
[maxbutton id=”1″ url=”https://drive.google.com/open?id=0B9qC0c9kFKHDMFp0dWRqcDN6T3M” text=”Download Silabus” ]