Posted on

publicrelations

Pilihan Kota Training di Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Malang, Balikpapan, Bali, Lombok, Batam, Semarang, Solo, Medan dan kota lain

Jadwal Training 1-3 Juni 2016 di Yogyakarta

PENDAHULUAN
Public Relation, Media relation dan Corporate Communication merupakan bagian – bagian yang saling berhubungan karena kunci dari ketiganya adalah komunikasi yang baik terutama pelayanan bagi pihak eksternal perusahaan. Sehingga harus diperhatikan mekanisme penyampaian informasi dan pengenalan media apa saja yang dapat digunakan secara efektif sehingga dapat membangun citra perusahaan di mata stakeholder. PR (Public Realtion) menjadi syarat utama bagi perusahaan yang harus dimiliki karena PR merupakan gerbang pertama dalam peranan Corporate Communication di dalam sebuah instansi atau perusahaan. Karena di dalam PR, pihak luar akan mengetahui eksistensi sebuah perusahaan “siapa” dan “ bagaimana” dan keberadaan produk – produk apa saja yang dihasilkan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Sehingga SDM harus dapat memahami kemampuan untuk menjalankan tugas kehumasan dengan baik sesuai dengan prinsip dan standar kehumasan agar terjalin relasi yang baik dengan media massa. Karena melalui media inilah dapat membentuk citra perusahaan di mata masyarakat dan stakeholder.

TUJUAN
Setelah mengikuti pelatihan ini,diharapkan peserta dapat :
1. Peserta dapat meningkatkan pemahaman tentang keterkaitan hubungan satu sama lain antara Public Realtion, Media Relation dan Corporate Communication didalam suatu perusahaan
2. Dapat sharing pengalaman, pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan metode, konsep, strategi, serta teknik menjalin hubungan media untuk mendukung profesionalisme kerja;
3. Peserta mendapatkan technical guide (panduan teknis) terkait dengan media, baik media cetak & elektronik
4. Peserta mampu menyusun program PR yang efektif
5. Peserta mampu melakukan presentasi, press conference, & memiliki keterampilan menulis press release
6. Peserta mampu mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, dan menarik simpati untuk mendapatkan pengertian, pengakuan, dan dukungan publik.

GARIS BESAR PROGRAM
1. Konsep Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication)
Konsep Komunikasi & Pelayanan prima, Peran dan Manfaat Komunikasi bagi perusahaan, Karakter Pelayanan Perusahaan
2. Perencanaan komunikasi perusahaan
3. Jenis model komunikasi
4. Peranan Public Relations dalam perusahaan/organisasi:
Fungsi dan peranan PR, Manfaat PR, Kedudukan PR dalam organisasi
5. Dasar-dasar dan Strategi Efektif Public Relations (PR)
Memahami opini public, Teknik menyusun program PR yang efektif sesuai dengan kebutuhan komunitas dan publik terkait
6. Perencanaan Kerja PR:
Proses kegiatan Public Relations (PR), Langkah-langkah kegiatan, Hambatan – hambatan
7. Management Crisis:
Apa itu krisis, Kategori krisis dan bentuknya, Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan / organisasi, Penanggulangan Krisis, Masa dan setelah Krisis
8. Corporate Image Identity:
Membentuk opini public, Sifat dari opini public, Membentuk citra perusahaan/ lembaga / institusi
9. Identifikasi audience expetation / stakeholder
10. PR dan Marketing Service:
Prinsip-prinsip dasar, Marketing Development Strategy, Marketing Communication Strategy
11. Customer Behavior
Menentukan target audience, Karakteristik konsumen, Elemen dasar dari proses conditioning
12. Mekanisme penyampaian informasi kepada publik dan stakeholder
13. Pengenalan Berbagai jenis media, aktivitas media, karakter media
14. Mengembangkan press relies dan Hubungan dengan Media (Media Relations)
15. Media Relations, Press Release dan Pidato:
Pengertian dan kegiatan, Menulis Press Release, Jenis-jenis pidato, Pidato, format dasar – general model dan model rinci
16. Press Conference – tindak lanjut Media Relations:
Mengapa Press Conference, Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan, Aktifitas dalam Press Conference
17. Media Control (ownership vs Control of Media)
18. Teknik mengatasi miss comunication dan krisis komunikasi dengan stakeholder dan media
19. Studi kasus

PESERTA
Pelatihan ini disarankan untuk diikuti oleh:
• Public Relation Staffs & manager, General Affair Staffs & Manager
• Superintendent, Manager, Specialist, Formalities Staffs
• Corporate Communications, Corporate Secretary
• Para profesional atau staf yang dalam pekerjaan rutinnya berhubungan dengan media/pubik

PENYELENGGARAAN
• 1 – 3 Juni 2016
• Hotel Ibis Malioboro/Hotel Dafam Fortuna Malioboro/Hotel Jentra Dagen/Hotel Neo Malioboro di Yogyakarta

INSTRUKTUR
• MASTUTI H. AKSA, S.IP, M.IKOM

INVESTASI
• Rp.6.400.000,-/ peserta
• Rp.6.150.000,-/ peserta (apabila didaftarkan 2 peserta)
• Rp.5.900.000,-/ peserta (apabila didaftarkan 3 peserta)
Harga Spesial dengan kirim 4 peserta @ Rp.6.400.000,- / peserta GRATIS PESERTA KE-5
• Termasuk: Training di hotel berbintang, Modul (hardcopy materi), Flashdisk(softcopy materi), ATK Peserta, Tas(Backpack) atau Bolpoint PARKER, Sertifikat, Makan Siang(3x), Coffee Break, Instruktur yang berkualitas, Pre Test dan Post Test
• Harga belum termasuk penginapan peserta dan pajak (apabila minta faktur pajak)