PENDAHULUAN Training Pengadaan Barang Dan Jasa
Manajemen Pengadaan Barang/Jasa adalah suatu rangkaian kegiatan pengelolaan aktifitas pemenuhan kebutuhan dalam mencapai tujuan organisasi melalui pembelian barang/pelaksanaan pekerjaan jasa atau barang dan jasa. Sehingga pemahaman tentang lingkungan dan konteks organisasi merupakan persyaratan penting dalam pengadaan barang/jasa terutama dalam sektor pemerintahan. Kemudian pengetahuan yang tidak kalah pentingnya adalah pembuatan spesifikasi, penetapan HPS dan proses perancangan & pembuatan kontrak yang harus dimiliki sebagai kompentensi bagi pelaku pengadaan.
Proses pengadaan biasanya dimulai dengan adanya permintaan barang/jasa oleh pengguna anggaran kepada pihak pengelolaan pengadaan (procurement). Pihak pengelola pengadaan kemudian melakukan proses untuk mendapatkan barang/jasa sesuai dengan permintaan yang tertuang dalam dokumen yang dibuat oleh pengguna anggaran, dengan melakukan proses pelelangan, termasuk mengevalusi dokumen penawaran dari penyedia. Kemudian pembuatan komitmen dalam bentuk order atau bentuk kontrak kepada penyedia yang ditunjuk. Penyedia barang/jasa kemudian menyerahkan barang atau memenuhi jasa yang diminta pihak pengguna (PPK). Pada pengadaan Barang/Jasa publik (pemerintah), Pelaksanaan Pengadaan harus mengacu kepada PERPRES 54 Tahun 2010 dan perubahannya,
TUJUAN Training Pengadaan Barang Dan Jasa
Beberapa keahlian atau kompetensi yang harus dimiliki dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam penerimaan hasil pengadaan kontrak, oleh karena itu tujuan training ini meliputi:
• Mengenal Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa
• Menyusun Rencana Pemilihan Barang/Jasa, membuat spesifikasi teknis, anggaran dan harga perkiraan sendiri.
• Melakukan Pemilihan Penyedia Barang/Jasa termasuk kualifikasi dan penilaian kinerja penyedia yang akan diundang dalam pelelangan.
• Melaksanakan pelelangan termasuk penjelasan dokumen kepada penyedia, evaluai penawaran penyedia dan mengelola sanggahan
• Melakukan Negosiasai untuk mendapatkan hasil terbaik dan
• Memahamahi proses Membuat Rancangan, Finalisasi dan Penandatanganan Dokumen Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
PESERTA Training Pengadaan Barang Dan Jasa
• PPK/KPA, atau pejabat/tim yang bertugas melakukan Pembuatan kontrak atau yang ikut terlibat membuat peraturan penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa.
• Anggota Pokja/ULP yang bertugas melakukan Pemilihan atau yang ikut terlibat membuat peraturan penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa.
• PPHP atau pejabat yang terlibat dalam pelaksanaan, pengendalian dan penutupan kontrak
• Staf yang membantu proses pemilihan atau staf junior di LSP.
No | Kelompok Fungsi Keahlian | Unit Kompetensi | Hari |
---|---|---|---|
1 | Mengenal Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa | Menelaah Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa | Ke 1 (08.00-10.00) |
2 | Menyusun Kebutuhan dan Anggaran Pengadaan Barang/Jasa | Ke 1 (10.15-12.00) | |
3 | Menyusun Rencana Teknis Pemilihan Barang/Jasa | Menyusun Spesifikasi Teknis Paket Pengadaan Barang/Jasa | Ke 1 (13.00-14.45) |
4 | Menyusun Harga Perkiraan Sendiri Paket Pengadaan Barang/Jasa | Ke 1 (15.00-16.00) | |
5 | Merencanakan Pemilihan Penyedia Barang/Jasa | Mengkaji Ulang Paket Pengadaan Barang/Jasa | Ke 2 (08.00-10.00) |
6 | Memilih Penyedia Barang/Jasa yang akan diundang dalam pelelangan | Ke 2 (10.15-12.00) | |
7 | Menyusun Dokumen Pengadaan Barang/Jasa | Ke 2 (13.00-14.45) | |
8 | Melaksanakan Pemilihan Penyedia Barang/Jasa | Menyampaikan Penjelesan Dokumen Pengadaan Barang/Jasa | Ke 2 (15.00-16.00) |
9 | Strategi Mengevaluasi Dokumen Penawaran Barang/Jasa | Ke 2 (15.00-16.00) | |
10 | Mengelola Sanggahan terkait Pelelangan Pengadaan Barang/Jasa | Ke 3 (08.00-10.00) | |
11 | Mempersiapkan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa | Melakukan Negosiasi Kepada Penyedia Pengadaan Barang/Jasa | Ke 3 (10.15-12.00) |
12 | Membuat Rancangan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa | Ke 3 (13.00-14.45) | |
13 | Melakukan Finalisasi dan Penandatanganan Dokumen Kontrak Pengadaan Barang/Jasa | Ke 3 (15.00-16.00) |
PELAKSANAAN Training Pengadaan Barang Dan Jasa
Paket Reguler
- 16-17 Januari 2018
- 20-21 Februari 2018
- 26-27 Maret 2018
- 10-11 April 2018
- 15-16 Mei 2018
- 25-26 Juni 2018
Paket Eksekutif
- 23-25 Januari 2018
- 13-15 Februari 2018
- 20-22 Maret 2018
- 3-5 April 2018
- 7-9 Mei 2018
- 26-28 Juni 2018
INVESTASI Training Pengadaan Barang Dan Jasa
Paket Reguler : Rp 4.400.000,-/Peserta
Paket Eksekutif : Rp 7.700.000,-/Peserta
Fasilitas Training Pengadaan Barang Dan Jasa
Paket Reguler : Include PPN, Tas Backpack, Flashdisk, Sertifikat, Lunch, Coffee Break, Training Kit
Paket Eksekutif : Include PPN, Hotel Bintang 4/5, Tas Backpack, Flashdisk, Sertifikat, Lunch, Coffee Break, Training Kit, Antar Jemput, Souvenir